ENGLISHLAND

Learning English

 
Home | Contact Us | About us | Site Map | Kesehatan\ Seni dan Budaya\ Indonesia\ Pekerjaan\ Manokwari Travel Info\  Gadget\ Indonesia\ Photography\ Cycling

 

 

 

Dialog Bahasa Inggris

 

Setiap orang ingin agar bisa berdialog atau bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan lancar. Hal itu tentu saja baik. Namun apa yang diperlukan agar seseorang bisa berbicara tanpa membuat banyak kesalahan pengucapan (pronunciation) serta tata bahasa. Dalam belajar bahasa Inggris ada 4 kemampuan dasar yang diperlukan seseorang supaya ia bisa berkomunikasi dalam kecepatan normal terhadap lawan bicaranya dengan baik. Mereka adalah kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Bila seorang pelajar bahasa Inggris hanya berlatih mendengar saja, maka hal tersebut tidaklah lengkap. Keempat kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan sangatlah erat kaitannya satu sama lain.

 

 

Terkadang saya membaca iklan di koran yang menyebutkan bahwa sebuah lembaga kursus bahasa Inggris atau guru privat yang mampu membuat orang bisa berbicara lancar hanya dalam waktu tiga bulan. Iklan tersebut sering menyesatkan banyak orang. Bagaimana mungkin hanya dalam waktu tiga bulan seseorang bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lancar.
Menurut pendapat saya, kemampuan berdialog atau bercakap-cakap dalam bahasa Inggris bisa ditingkatkan secara bertahap. Memang seseorang akan bisa bercakap-cakap dengan partnernya dalam bahasa Inggris untuk sejumlah topik tertentu yang sederhana setelah menyelesaikan program kursus tiga bulan. Tetapi perlu waktu yang agak lama buat seseorang untuk benar-benar fasih berbicara. Conversation atau percakapan merupakan kata kunci yang sering didengungkan oleh berbagai pihak yang menawarkan program belajar bahasa Inggris di berbagai iklan di media massa. Saya kurang setuju kalau yang diajarkan hanyalah conversation-nya saja. Mengapa demikian? Karena belajar bahasa Inggris haruslah meliputi keempat kemampuan di atas. Jadi seseorang akan harus mempelajari sejumlah contoh-contoh dialog, frase-frase yang tercakup di dalamnya, cara pengucapannya (pronunciation), latar belakang budaya (cultural background), tata bahasa (grammar) serta kosa kata (vocabulary).
Dengan belajar bahasa Inggris, kita tidak hanya mempelajari kalimat, tata bahasa dan kosa kata. Kita mempelajari segala hal yang tercakup atau berkaitan langsung dengan bahasa Inggris tersebut. Jadi kita akan masuk ke dalam sebuah bahasa dan kebudayaan atau peradaban. Dengan demikian, kita akan bisa memahami bahasa Inggris dan segala aspek budaya bangsa Inggris secara menyeluruh. Dialog atau kemampuan berbicara bahasa Inggris hanyalah salah satu dari keempat kemampuan dasar dalam mempelajari sebuah bahasa sehingga perlulah seorang pelajar bahasa Inggris menguasainya secara bersama-sama dengan segala aspek yang termasuk dalam pembelajaran bahasa. oleh Charles Roring

Amazon Store

 

 

 Share:

 

    

TOEFL Preparation

Grammar

General English

Sample Conversation

Readings

TOEIC Preparation

Business English

Health and Lifestyle

American Mosaic

Study in the US

Pronunciation

English Language
English Books

Free English Lessons

 Share  

About Us, Pemasangan Iklan, Site Map, Privacy Policy

Englishland 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013 All rights reserved

 Protected by Copyscape Web Plagiarism Finder