|


|
Vitamin D dan Diet
Penelitian-penelitian
pada beberapa tahun terakhir ini telah menemukan bahwa vitamin D
memiliki lebih banyak manfaat dalam menjaga kesehatan orang dari
pada sekedar membangun tulang yang kuat. Tetapi seberapa banyak
yang kita butuhkan? Transkrip siaran radio 22 September 2009
Ini adalah Laporan Kesehatan VOA Special English
Vitamin D membantu tulang dan otot bertumbuh dengan kuat dan
sehat. Vitamin D dalam tingkat yang rendah dapat mengarah pada
masalah seperti rakhitis dan osteoporosis. Rakhitis adalah
kelainan bentuk yang terutama ditemukan pada anak-anak.
Osteoporosis adalah menipisnya tulang, suatu masalah umum di
kala orang-orang, khususnya wanita, semakin tua.
Penelitian-penelitian di tahun-tahun terkini telah menyarankan
bahwa vitamin D mungkin memiliki manfaat lain. Studi telah
menunjukkan bahwa vitamin D pada tingkat rendah bisa
meningkatkan risiko serangan jantung pada pria dan kematian
akibat beberapa kanker. Studi lain telah menunjukkan bahwa
orang-orang dengan penyakit rematik sering memiliki tingkat
vitamin D yang rendah.
Cara termudah mendapatkan vitamin D adalah dari matahari. Sindar
ultraviolet bereaksi dengan sel-sel kulit untuk menghasilkan
vitamin. Tetapi banyak orang kuatir terhadap kanker dan
kerusakan kulit karena terik matahari.
Demikian pula, orang berkulit gelap menghasilkan sedikit vitamin
D daripada orang berkulit terang. Produksi juga berkurang pada
orang-orang tua dan mereka yang tinggal di daerah utara yang
menerima sedikit sinar matahari.
Tidak banyak makanan yang secara alamiah mengandung vitamin D.
Makanan dengan tingkat yang tinggi termasuk ikan berminyak
seperti salmon, tuna dan mackerel, dan minyak liver ikan.
Peneliti-peneliti universitas Boston melaporkan di tahun 2007
bahwa salmon yang diternakkan memiliki vitamin D yang jauh
sedikit dibanding salmon liar.
D dalam jumlah kecil ditemukan di hati sapi, keju dan kuning
telur. Dan beberapa orang mengkonsumsi suplemen makanan yang
mengandung vitamin tersebut. Tetapi kebanyakan D dalam makanan
orang Amerika berasal dari makanan seperti susu dengan vitamin
yang ditambahkan.
Dewasa ini, lebih banyak dokter menguji tingkat-tingkat vitamin
D pada pasien mereka. Tetapi sejalan dengan terus berlangsungnya
penelitian, beberapa ahli kuatir bahwa jika orang terlalu banyak
mengkonsumsi D, maka vitamin itu bisa bertindak sebagai racun.
Juga, dokter-dokter kulit mengingatkan orang agar hati-hati
dengan terik matahari.
Berapa banyak vitamin D yang dibutuhkan orang sehat? Pakar-pakar
nutrisi yang menasihati pemerintah Amerika menetapkan
rekomendasi yang ada saat ini di tahun 1997. Jumlah harian
adalah 200 international units hingga usia tujuh puluh, dan enam
ratus bagi mereka yang tujuh satu dan yang lebih tua. Tetapi
sejumlah kelompok mengatakan jumlah ini tidak cukup tinggi.
Pakar-pakar nutrisi sedang menyelidiki berapa banyak vitamin D
dan kalsium yang seharusnya dikonsumsi orang. The Institute of
Medicine of National Academies akan mengeluarkan sebuah laporan
pada bulan Mei yang akan datang.
Dan inilah the VOA Special English Health Report, ditulis oleh
Caty Weaver. I'm Bob Doughty. Diterjemahkan oleh Charles Roring Baca juga edisi bahasa Inggris:
Vitamins D and the Diet
Lihat juga:
Hubungan antara Diabetes dan Gula Darah
|